Selalu Mempersiapkan Diri Dengan Optimal


“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).” Al Qur’an Surat Al Anfaal : 60.

Pernahkah Sahabat merasa harinya terasa amburadul? Semua serba tidak beres, serba mendesak, serba tidak keruan? Boleh jadi karena pada hari itu kita tidak mempersiapkan-nya dengan baik, sehingga tugas-tugas kita menjadi berantakan.

Padahal perilaku para pemenang mestinya selalu terprogram, penuh persiapan. Seluruh perilaku ritual ibadah kita penuh persiapan. Lihatlah saat kita mau shalat, maka kita perlu bersiap untuk tempat yang harus suci dari najis, baju yang suci dari najis, lalu wudhu, kemudian menghadap kiblat, dan akhirnya shalat. Lalu apakah ini tidak bisa dianalogikan bahwa ritual amaliyah kita juga perlu persiapan yang demikian cermat? Jika segala sesuatu yang akan kita hadapi esok hari bisa kita persiapkan pada malam hari mengapa mesti menunda?

Semuanya hanyalah masalah kebiasaan dan azam (tekad) yang kuat, sebagaimana kata ulama kita : “Kalau engkau mempunyai gagasan, sebaiknya engkau juga memiliki kehendak.” Setelah bersiap diri dengan konsep, perencanaan, dan sebagaimana maka peliharalah itu dengan kehendak yang kuat.

siap setiap saat di perbatasan negerimu.

“Wahai orang yang beriman! Bersabarlah kamu (menghadapi segala kesukaran dalam mengerjakan perkara-perkara yang berkebajikan), dan kuatkanlah kesabaran kamu (lebih daripada kesabaran musuh, di medan perjuangan), dan bersedialah (dengan kekuatan pertahanan di daerah-daerah sempadan) serta bertakwalah kamu kepada Allah, supaya kamu berjaya (mencapai kemenangan).” Al Qur’an Surah Ali ‘Imran : 200.

One thought on “Selalu Mempersiapkan Diri Dengan Optimal

  1. Ping-balik: Selalu Mempersiapkan Diri Dengan Optimal – mudaenergic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s