Teruslah Ber-Do’a, ada Janji didalamnya!


Temen-temen berdo’a yuu..!

By : Jenter Pro

Salah satu yang menjadi kebiasaan orang termasuk mungkin saya sendiri, Jenter Pro kalau ada masalah, baru aja berdoa nya bener-bener khusyuk.. #astaghfirullah (mudah-mudahan sekarang nggak lagi ya – ada masalah ataupun nggak ada masalah tetep terus berdo’a yang khusyuk Ok).🙂

Sebenarnya kalau kita tahu, apa lagi kalo kita seorang Muslim. Doa itu Bahan Bakar yang sangat efektif  lho buat kendaraan kehidupan kita. soalnya dengan do’a-do’a yang kita panjatkan, itu akan menjadi kekuatan tersendiri terhadap rukhiyah kita, jiwa kita akan lebih energic dan jasad kita akan lebih sehat insya Allah. (keimanan kita)

Lah, gimana nggak Energic rukhiyah kita.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala sudah janjikan kok di Firman-Nya.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Al Qur’an Surat Albaqoroh :186) (1)

Mantep kan?

itu baru satu ayat bro..

Maka, kalo kita udah tahu bahwa Allah akan ngabulin tuh do’a-do’a yang sudah kita panjatkan.. ya syaratnya kita juga harus dekat dong sama Allah..

sebagai gambarannya gini bro..

misalkan kita punya temen Dua orang yang satu akrab banget yang satunya nggak.. yang akrab banget, akrabnya bahkan sampai lengket kayak lem Alteko yang lagi buat ngelem pensil yang patah. Ouh.. #mantepkan!

Eh.. temen yang satunya lagi. yang kurang akrab..kalau lagi butuh aja ngobrolnya..jarang negur, jarang nyapa.. pokoknya jarak pertemanannya kayak tinggal di Bekasi sama di Jerman deh. jauh banget kan???

Padahal dua temen kita ini sangat kaya raya brur…

Mungkin kita fine-fine aja..dengan pertemanan ini..karena sedikitpun nggak pernah Selek! (ribut maksudnya).

Tapi Guys… coba misalkan kita lagi butuh bantuannya banget.. keluarga kita ada yang operasi penyakit yang kompleks.. kena jantung, liver, pembulu darahnya pecah dll.. bayangkan harus mengeluarkan uang berMilyar2 biar bisa operasi.

Pinjem temen yang pertama sih boleh..karena sangat akrab banget.. eh tapi dia nggak bisa bantu banyak lho.. karena dia juga lagi ada problem di perusahaannya.. atau di bisnisnya.

Tapi???? Pinjam ke teman yang kedua???

mungkin kita nya yang ragu-ragu.. #dipinjemin nggak ya???

Malu kan rasanya???? udah lama nggak tegur sapa.. eh tau-tau nylonong aja mau pinjem uang.. Gede lagi.. nggak nanggung-nanggung.. BerM-M pinjamnya..

Huuuuh.. Muka mau ditaruk dimana???

Sama halnya dengan Allah Guys..

Kalau kita sering dekat dengan Allah.. bahkan setiap detik hati kita terpaut karena cinta kepada Allah.. hanya ingin mengharapkan keridhoannya setiap aktivitas yang kita lakukan.. Insya Allah, Allah akan permudah do’a kita untuk dikabulkannya.

Tetapi, kalau kita nya sombong??? jarang beribadah.. sholat Lima Waktu bolong-bolong.. jarang Dhuha, jarang Qiyyamullail, Tilawah Al-Qur’an kita jarang.. dan lain sebagainya..

wah..cilaka dua belas deh…

Tapi, jangan kawatir bro.. kalau kita mau bertaubat karena Allah.. Takut akan azab di akhirat kelak.. insya Allah, Dia Yang Maha Menerima Taubat..tidak akan menolak tobat hamba-Nya.. selama hamba-Nya tersebut masih hidup di dunia.

Oleh karena itu..

Yuu terus semangat dalam berdoa dan lakukan yang terbaik.

Doa apa saja boleh.. pakai bahasa indonesia juga boleh.. pakai bahasa daerah masing-masing juga boleh.. asalkan yang baik-baik..

Doa minta rezeki yang barokah halalan thoyyiban..

Doa minta kesehatan badan, mata dan telinga..

Doa minta di segerakan lulus Sekolah, Kuliah S1 S2 S3..

Doa minta lulus kuliah dengan nilai  terbaik.. lulus dengan predikat cumlaude IPK 4.00

Doa minta keberkahan hidup..

Doa minta di lapangkan rezekinya.. agar bisa memberi manfaat untuk umat.. (bisa sedekah, infaq, wakaf, dll)..

Doa minta agar mendapatkan pasangan hidup yang Sholehah.. hafidzah.. Cantik.. dst..😀

wah.. pokoknya banyak banget deh.. kita bisa minta semua itu sama Allah.

Gratis! asalkan kita dekat dengan Allah.🙂

Ini Firman-Nya dan Hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam :

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu[98], dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (Al Qur’an Surat Al Baqoroh : 152) (2)

Di dalam hadits Qudsi, Anas bin Malik R.A. Berkata; Nabi S.A.W. Bersabda :

“Aku Selalu menuruti sangkaan hamba-Ku terhadap diriku. dan Aku selalu bersama (membantu) selama ia berzikir (ingat dan menyebut nama Ku). (HR. Muslim, Al Hakim dan Anas).

“Hanya milik Allah Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama itu.” (QS Al Araf: 180)

“Allah tidak menerima amalan, melainkan amalan yang ihklas dan karena untuk mencari keridaan Allah” (HR Ibnu Majah)

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya” (QS An Najm: 39)

“…Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan (nasib) suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (QS Ar Ra’d: 11)

“Aku selalu menurutkan sangkaan hamba-Ku kepada diriKu, jika ia baik sangka kepada-Ku, maka ia dapat dari apa yang ia sangka. Dan jika ia buruk sangka kepada-Ku, maka ia mendapat apa yang ia sangka pada-Ku.”
(HR At Tabrani dan Ibn Hibban)

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al A’raf: 56)

“Tiga kelompok yang tidak akan ditolak do’anya: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka. Pemimpin yang adil. Dan do’a orang yang teraniaya. Allah menyibak awan dan membuka pintu-pintu langit seraya berfirman: “Demi kemulian-Ku dan keagungan-Ku, pasti Aku tolong kamu, walau setelah beberapa waktu.” (Ahmad dan At Tirmidzi)

Rasulullah saw. juga bersabda dalam hadits Qudsi, Allah swt. berfirman:

“Aku tergantung persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Aku bersamanya ketika ia berdoa kepada-Ku.”

NB :

Keterangan QS. Al Baqoroh : 186

(1) Ayat ini turun berkenaan dengan datangnya seorang Arab Badui kepada Nabi SAW yang bertanya: “Apakah Tuhan kita itu dekat, sehingga kami dapat munajat/memohon kepada-Nya, atau jauh, sehingga kami harus menyeru-Nya?” Nabi SAW terdiam, hingga turunlah ayat ini (S. 2: 186) sebagai jawaban terhadap pertanyaan itu.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir, Ibnu Abi Hatim, Ibnu Marduwaih, Abussyaikh dan lain-lainnya dari beberapa jalan, dari Jarir bin Abdul Hamid, dari Abdah as-Sajastani, dari as-Shalt bin Hakim bin Mu’awiyah bin Jaidah, dari bapaknya yang bersumber dari datuknya.)

Menurut riwayat lain, ayat ini (S. 2: 186) turun sebagai jawaban terhadap beberapa shahabat yang bertanya kepada Nabi SAW: “Dimanakah Tuhan kita?”
(Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq dari Hasan, tetapi ada sumber-sumber lain yang memperkuatnya. Hadits ini mursal.)

Menurut riwayat lain, ayat ini (S. 2: 186) turun berkenaan dengan sabda Rasulullah SAW: “Janganlah kalian berkecil hati dalam berdoa, karena Allah SWT telah berfirman “Ud’uni astajib lakum” yang artinya berdoalah kamu kepada-Ku, pasti aku mengijabahnya) (S. 40. 60). Berkatalah salah seorang di antara mereka: “Wahai Rasulullah! Apakah Tuhan mendengar doa kita atau bagaimana?” Sebagai jawabannya, turunlah ayat ini (S. 2: 186)
(Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir yang bersumber dari Ali.)

Menurut riwayat lain, setelah turun ayat “Waqala rabbukum ud’uni astajib lakum” yang artinya berdoalah kamu kepada-Ku, pasti aku mengijabahnya (S. 40: 60), para shahabat tidak mengetahui bilamana yang tepat untuk berdoa. Maka turunlah ayat ini (S. 2: 186)
(Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari ‘Atha bin abi Rabah.)

Keterangan QS. Al Baqoroh : 152

(2) Maksudnya: Aku limpahkan rahmat dan ampunan-Ku kepadamu.

One thought on “Teruslah Ber-Do’a, ada Janji didalamnya!

  1. Ping-balik: Teruslah Ber-Do’a, ada Janji didalamnya! – Muda Energic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s