Karakteristik pertama bagi seorang aktivis DAKWAH!


Karakteristik pertama bagi seorang aktivis DAKWAH.
1. Taqwa kepada Allah SWT.

by : Jenter Pro (dari Tausiyah Wasiat Pertama – syaikh Waleed dari Mesir)

Allah ‘azza wa jalla telah berfirman:

“Dan persiapkanlah dengan segala apa yang yang kalian miliki dan dari pasukan berkuda yang dapat menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang yang selain mereka yang tidak kamu mengetahuinya, tetapi Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu infaqkan di jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dizalimi (dirugikan)”. (Al Anfal : 60).

terlintas dibenak kita..

seberapa besarkah dunia disisi seorang aktivis dakwah?
Apakah dunia jadi penghalang bagi seorang aktivis dalam berdakwah??

Imam muslim telah meriwayatkan hadits shahih dari Uqbah bin Amir radliyallahu’anhu, dia berkata: “Aku mendengar Rasulullah sahallallahu’alaihi wa sallam dan beliau sedang di atas mimbar, dan beliau membaca ayat:

“Dan persiapkanlah dengan segala apa yang kalian sanggupi untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kalian miliki dan dari kuda-kuda yang kalian miliki…”. Kemudian beliau berkata: “Sesungguhnya kekuatan itu dengan melempar, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu dengan melempar, ketahuilah kekuatan itu dengan melempar.” (HR. Muslim no. 1917)

=> kita tengok lagi, Fragmen pada perang Badar!
ba’da perang Badar mengapa Allah malah menurunkan surat Al Anfal??? (surat terkait harta rampasan perang). padahal kaum muslimin menang dalam peperangan luarbiasa itu, dan tentunya kaum muslimin mendapatkan harta rampasan perang yang luarbiasa banyak (ghanimah).

sebenarnya ayat ini turun karena itu adalah teguran dari Allah SWT kepada sahabat pd waktu itu.. tentang..bagaimana kita menyikapi sebuah kemenangan, menyikapi dari segi apanya??? dari segi keberhasilan karena tujuan mulia dakwah? hanya mengharapkan ridho-Nya Allah??? atau dari segi harta rampasannya saja? (duniawi sajakah?)

teguran ini begitu keras kepada para sahabat, pd waktu itu..

kata Allah  dalam firmannya :

“Maka tidaklah kalian yang membunuh mereka (orang kafir) tapi Allah yang membunuh mereka, dan tidaklah engkau yang melempar ketika engkau melempar namun Allah yang melempar” (Al-Anfal: 17)

kalau bukan karena Allah siapa yg bisa membuat lemparan itu tepat sasaran? tombak, panah, pedang, semua tidak ada apa2nya kalau Allah tidak berkenan untuk memenangkan peperangan akbar itu!

ayyuhal ikhwah, Catat baik-baik kalimat ini…

“semua aktivitas kita, keberhasilan kita, dan segala apapun yang kita cita-citakan. semata-mata hanya karenaAllah lah Yang Maha Mempermudah segala urusan. sehingga kita bisa meraih keberhasilan terhadap impian kita tersebut.”

maka dari itu, teruslah berjuang untuk kemenangan dakwah. khususnya karena saat ini kita sedang berada dikampus, ini lah medan dakwah kita sementara! bangkit! dan eratkan ukhuwah untuk membangun dakwah kampus bersama.

Satu lidi tidak akan mampu membersihkan sampah yang ada dihalaman rumah kita yang luas itu, tetapi satu genggam lidi jika disatu-padukan, diikat dengan kepalan yang kuat. niscaya akan mampu dan mudah dalam membersihkan sampah-sampah yang ada dihalaman rumah kita.

oleh karena itu, bersatulah kita wahai pemuda Islam! Kemenangan dakwah sudah sangat menanti prestasi yang akan kita persembahkan! dunia menanti semangat dan aksi nyata kita dalam berdakwah! menyeru kepada Islam (yang ma’ruf senantiasa beramal sholeh) dan mencegah dari yang mungkar(yang bersifat dosa-dosa).

tidak peduli sudah berapa lamakah kita bertarbiyah.. dakwah ini tidak mengenal berapa lama kita bertarbiyah! tapi dakwah mengenal berapa besar pengaruh yang kita lakukan untuk kemajuan dakwah ini! 

masihkah kita berdiam diri??? tak melanjutkan lagi agenda-agenda dakwah itu??? lesu karena tidak ada kawan yang datang membantu??

padahal sudah begitu jelas dalam firman-Nya! Allah subhanahu wata’ala telah berfirman :

Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah-lembut terhadap orang-orang mu’min, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siap yang dihendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.(QS. 5:54)

malu jikalau seandainya kita digantikan oleh kaum muslimin yang lebih baik dari pada kita! padahal kan sebenarnya Allah juga sudah firmankan berlomba-lombalah dalam kebaikan! 

“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al- Babaqoroh : 148.)

lanjutkan perubahan untuk memperbaiki dakwah sekolah dan kampus. karena disinilah tempat yang strategis akan melahirkan generasi-generasi terbaik untuk kejayaan Islam!

Teruskan perjuang itu! hingga kelelahan lelah mengikuti langkah kita dalam berdakhwah! memuwujudkan kampus yang Islami! Allahu Akbar!

S.E.M.O.G.A__B.E.M.A.N.F.A.A.T.🙂

sumber :

1. syaikh Waleed dari Mesir dalam agenda dakwah

2. Al-Qur’an Digital (terjemahan)

2. http://www.arrahmah.com/read/2011/05/14/12529-dalil-dalil-latihan-militer-idad-asykariy.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s