Rahasia Sukses UAN SMAN 8 Jakarta


Beberapa hari yang lalu, menteri pendidikan M Nuh telah mengumumkan lebih awal 12 peserta dengan nilai UAN terbaik se-Indonesia. 2 dari 12 peserta tersebut berasal dari SMAN 8 Bukit Duri, Jakarta Selatan.  Gracia Isaura Laurensia (GIL) siswi kelas XII IPA D menempati peringkat 7 dengan nilai rata-rata 9,75 dan Sarah Alya Firnadya siswi kelas XII IPA C menempati peringkat 10 dengan nilai rata-rata 9,73.

Tak hanya menyumbang nama siswa di 10 peringkat terbaik UAN tahun ini se-Indonesia, namun juga menyabet kategori peringkat satu dengan rerata terbaik UAN se-Jabodetabek. Dengan raihan nilai rata-rata 8,74 dari 417 siswa dengan tingkat kelulusan 100 persen. SMAN 8 seringkali menyabet prestasi juara di tingkat Nasional bahkan Internasional.

Ahmad Yani, selaku Wakil Kepala SMAN 8 Jakarta menjelaskan rahasia kesuksesan peserta didiknya “Ini berkat pembenahan kami di semua lini, secara akademis dan religius.Dua faktor tersebut terbukti sukses merebut kembali peringkat pertama, setelah dua tahun berturut-turut harus puas berada di peringkat dua setelah SMAN 99 Jakarta  se-Jadebotabek.

Sekolah membagi murid menjadi tiga kategori berdasarkan hasil tes diagnostik yang dimulai bulan Januari lalu. Tiga kelompok itu adalah siswa dengan kemampuan di atas rata-rata, rata-rata, dan di bawah rata-rata.

Masing-masing kategori mendapat perlakuan berbeda dari sekolah. Untuk siswa dengan kemampuan di bawah rata-rata, akan mendapat jam tambahan ajar khusus. Strategi Peer-tutorpun digalakkan untuk saling membantu satu sama lain. Peer-tutor adalah metode dimana siswa dibantu dengan teman sebayanya di kelas atau di luar kelas tidak hanya dari guru.
Sedangkan bagi para siswa berkemampuan di atas rata-rata, perlakuan khusus diberikan dengan meningkatkan kualitas soal untuk mereka kerjakan. Mereka pun ditargetkan untuk tembus peringkat UAN nasional.

Strategi pemilahan ini berhasil. Dibuktikan dengan Gracia Isaura Raulina (peringkat 7, nilai rata-rata 9,75) dan Sarah Alya Firnadya (peringkat 10, nilai 9,73) masuk 10 besar siswa dengan nilai raihan rata-rata tertinggi ujian nasional.

Rahasia lain dibalik kesuksesan SMAN 8 adalah para siswanya tidak hanya didorong dengan kegiatan akademis yang berkualitas. Namun juga dengan berbagai kegiatan religi untuk menumbuhkan spiritual mereka agar mereka mendekatkan diri pada Allah SWT.  Seperti doa akbar menjelang UN dan doa bersama setiap hari pelaksanaan ujian. (Adf)

sumber : http://infocilincing.com/2013/05/rahasia-sukses-uan-sman-8-jakarta/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s